Back to Post :FAQ

FAQ tafakur meditasi islam untuk ketenangan kesabaran dan ketentraman CHANNEL PESANTREN MIFTAHUL HUDA

Please share to download

Apa itu Tafakur Meditasi Islam?

 merupakan suatu olah fisik dan mental berupa tehnik pernafasan yang dilakukan dalam sikap tertentu  sambil konsentrasi dengan mengucapkan  Subhanallah  di dalam hati. Tafakur Meditasi Islam yang dimaksudkan di sini adalah suatu kegiatan mental dan fisik melibatkan tehnik pernafasan serta konsentrasi pikiran, jika dilakukan secara teratur dan terus menerus akan menyebabkan kondisi tubuh, pikiran, dan emosi berada dalam kondisi yang terkendali dengan baik Ilmu Tafakur Meditasi Islam ini merupakan sebuah Ilmu Pengantar / Pembuka hati / qalbu dalam mempelajari rahasia kehidupan. Sejauh ini belum pernah ada yang membuka ilmu tentang rahasia kehidupan yang lengkap untuk mengarungi kehidupan manusia di dunia dan kehidupan nanti di akhirat.

 Berap lama Pelatihan Tafakur Meditasi Islam?

 Pelatihan akan diberikan sebanyak 5x pertemuan dan setiap pertemuan akan berlangsung 1 jam dan jarak pertemuan pertama, kedua dan seterusnya setiap minggu (7 hari) . Setiap perserta harus mengulang di rumah masing-masing setiap hari minimal 5 menit.  Kepada siapa  disampaikan Tafakur Meditasi Islam?  Pelatihan ini diberikan kepada setiap orang yang sudah akil baliq dan khususnya yang beragama Islam.

 Apakah Tafakur Meditasi Islam adalah sebuah ajaran atau aliran?

 Tafakur Meditasi Islam bukanlah sebuah ajaran/aliran /paham keagamaan, Tafakur meditasi Islam hanyalah sebuah metode praktis yang kami berikan dalam menghadapi tekanan hidup agar dalam menjalani hidup , kita selalu menghadapinya dengan tenang dan sabar dan selalu berserah diri kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita.

 Apakah ada ikatan/terikat  setelah mendapat pelatihan Tafakur Meditasi Islam?

 Setelah mengikuti pelatihan tidak ada ikatan dengan pesantren kami, peserta dipersilahkan untuk mengembangkan sendiri, mamfaat yang dirasakan boleh diberikan/diajarkan lagi kepada orang lain.

 Apa saja yang disampaikan dalam Pelatihan Tafakur Meditasi Islam?

Peserta nantinya akan dilatih untuk melakukan teknik pernafasan yang benar serta konsentrasi pikiran dengan memasukkan hawa Subhanallah keseluruh sel-sel didalam tubuh . sehingga kalau dilakukan teratur dan terus menerus akan menghasilkan kondisi tubuh, pikiran dan emosi berada dalam kondisi yang terkendali dengan baik

Apakah Landasan Tafakur Meditasi Islam ini ?

Landasan berdasarkan pada Alqur’an yaitu surat Ar-Rad ayat 28 (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingati Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

Apakah membayar untuk mengikuti Pelatihan Tafakur Meditasi Islam?

 Jika dilakukan di Pesantren kami di Garut, maka Pelatihan ini Gratis, dan kalau di luar pesantren akan diberikan kebijakan masing-masing kota untuk mengenakan biaya kepada peserta yang digunakan untuk operasional . Untuk perusahaan/ Lembaga/Majelis taqlim kami akan mengikuti biaya sesuai aturan/budget dari perusahaan tersebut. Dan pada latihan terakhir, Semua peserta baik perorangan atau lembaga akan diminta mahar oleh pembimbing pelatihan yang sifatnya wajib, dan besarnya Mahar sebesar apa  mamfaat yang dirasakan oleh peserta. Apa bedanya dengan Tafakur, Meditasi, Samadi dan kegiatan Spiritual lainnya ?  Berbeda dengan ilmu tafakur saja yang menggunakan akal dalam mengingat Allah dan diri sendiri, atau meditasi saja yang melatih pernafasan disertai konsentrasi pikiranTafakur Meditasi Islam yang akan dipaparkan di sini adalah sebuah cara yang efektif untuk ingat dan mengingat Allah, dilakukan dengan bernafas biasa sambil berkonsentrasi memasukkan “hawa“ bersih dan suci yaitu  Subhanallah  ke dalam  tubuh dan di keluarkan lagi sejalan hembusan nafas keluar. Dengan cara ini kita akan dapat merasakan masuknya hawa suci tadi yang bila dilakukan secara teratur minimal lima menit sehari dan dilakukan setiap hari, maka hati kita akan berangsur-angsur tenang. Kapan Merasakan Hasil dan Manfaat Tafakur Meditasi Islam?
 Berdasarkan pengalaman para peserta, hasil yang didapat dengan mengerjakan Tafakur Meditasi Islam  rutin, tanpa meninggalkan ibadah wajib ; yaitu sholat dan zakat berangsur-angsur selama tiga bulan akan diperoleh kejernihan pikiran,lebih bisa berkonsentrasi dan tekun dalam menjalankan ibadah wajib serta ibadah-ibadah lainnya. Bahkan tidak sedikit para peserta yang baru berlatih dua atau tiga minggu sudah mendapat hasil seperti wajah lebih segar berseri mengeluarkan cahaya, tidak cepat marah, mendapat rezeki tanpa diduga, kemudahan dalam berkarier. Kemudian, hati akan menjadi jernih dan meningkat hingga tercapai kepekaan hati yang tinggi. Jika tafakur sudah dilakukan lebih lama lagi, mencapai tahunan dan sudah menjadi kebiasaan rutin, maka kesehatan pun akan meningkat dan kekuatan fisik menjadi lebih prima walau usia lanjut, awet muda, dan tidak pikun.

 Apa Khasiat dan Manfaat Tafakur Meditasi Islam ?

Secara garis besar, manfaat Tafakur Meditasi Islam dalam kehidupan dunia dan akhirat yang dapat diuraikan di sini akan meliputi :
  1. Meningkatkan ketenangan dalam menghadapi setiap masalah.
  2. Memperkuat konsentrasi pikiran.
  3. Memperkuat kesadaran dan kehadiran hati setiap kali kita menjalankan ibadah,
terutama  sholat, zikir, wirid.
  1. Mengurangi marah.
  2. Meningkatkan sifat jujur.
  3. Meningkatkan rasa adil dan bijaksana.
  4. Meningkatkan rasa welas asih.
  5. Memudahkan kita untuk mengucapkan kalimat-kalimat Allah dalam menghadapi setiap kejadian yang mendadak.
  6. Menjaga mulut dalam hal berbicara.
  7. Menjaga mulut ketika makan dan minum.
  8. Mengatur pola tidur.
  9. Mengatur pola hubungan suami-istri.
Seluruh manfaat tersebut di atas dijadikan modal untuk membantu kita ketika melakukan identifikasi, kalkulasi, analisa, solusi dalam menghadapi masalah kehidupan.

Masalah kehidupan tersebut akan mencakup aspek-aspek 5K yaitu :

1.    Keuangan
2.    Karier, jabatan, pekerjaan
3.    Kesehatan
4.    Keluarga
5.    Kematian – menuju kehidupan akhirat
 Jika masalah tadi dapat diatasi dengan baik, maka akan muncul :
  • Ketenangan
  • Kesabaran
  • Ketenteraman