Tafakur Meditasi Islam   merupakan sebuah kegiatan spiritual yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ketenangan pikiran, kecerdasan intelektual, dan ketajaman intuisi. Kegiatan spiritual yang dimaksudkan disini adalah suatu kegiatan mental dan fisik yang melibatkan teknik sistem pernafasan serta konsentrasi pikiran, jika dilakukan secara teratur dan terus menerus akan menyebabkan kondisi tubuh, pikiran, dan emosi berada dalam kondisi yang terkendali dengan baik.

Dengan selalu berlatih dan mengasah Tafakur Meditasi Islam   akan mempersiapkan akal pikiran & perasaan kita didalam menghadapi kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa ketika kita menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari :

– Meningkatkan kesabaran [tidak mudah marah].

– Meningkatkan sifat kejujuran.

– Meningkatkan rasa adil dan bijaksana.

– Meningkatkan rasa welas asih.

– Meningkatkan keseimbangan tubuh.

– Meningkatkan konsentrasi dan kesadaran diri.

 

Diharapkan dengan berlatih serta mengasah Tafakur Meditasi Islam   ini kita akan mampu menggapai rasa 3-K yakni : Ketenangan, Ketenteraman & Kesabaran, didalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ujian & cobaan-Nya serta sarat dengan hasutan & godaan iblis.

“Hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”. [Ar-Ra’d 28].

 

[A]. MANFAAT KEHIDUPAN DUNIA

.

Manfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan berlatih dan mengasah Tafakur Meditasi Islam   setiap hari dan setiap saat dapatlah dijadikan modal untuk melakukan identifikasi, analisa serta solusi atas berbagai masalah yang muncul ketika kita menjalani kehidupan didunia ini, yaitu :

 

– Masalah Kesehatan

– Masalah Keuangan

– Masalah Karir

– Masalah Keluarga

– Masalah Kematian

 

Dalam kehidupan didunia ini, semua manusia pasti mempunyai berbagai masalah, dan masalah-masalah itu biasanya akan selalu berada disekitar masalah 5-K tersebut diatas. Hal itupun termasuk pada masalah K yang terakhir yakni masalah kematian,  dimana nafas kita akan berhenti secara tiba-tiba yang waktunya adalah sesuai dengan ketetapan-Nya, dan disaat itulah kita akan memulai perjalanan babak baru menuju kehidupan selanjutnya.

 

[B]. MANFAAT KEHIDUPAN AKHIRAT

 

– InsyaAllah selamat pada sakaratul maut.

– InsyaAllah selamat dari siksa kubur.

– InsyaAllah selamat dari api neraka.

 

[C]. MANFAAT LAIN

 

Manfaat lain dari Tafakur Meditasi Islam   ini adalah untuk mempersiapkan diri dalam mempertanggungjawabkan seluruh perilaku kita dikehidupan dunia, mulai dari sel-sel yang terkecil, organ-organ tubuh, anggota tubuh serta seluruh tubuh.

Seluruh tubuh akan selalu dibiasakan Mengingat Allah & Mengingat Kehidupan Akhirat, karena setiap tarikan nafas dengan disertai bacaan Subhanallah akan membawa masuk hawa ketuhanan “Subhanallah” bersama oksigen, yang akan disebarkan keseluruh tubuh atau keseluruh sel-sel yang ada dalam tubuh manusia.

Jadi setiap sel diseluruh tubuh manusia dari sel yang terkecil, pada saat melakukan fungsi sel [metabolisme] akan selalu mengingat-Nya dan demikian pula dengan proses yang sama ketika kita mengeluarkan atau menghembuskan nafas. Maka dengan sering berlatih dan mengasah Tafakur Meditasi Islam   setiap hari, maka seseorang diharapkan akan dapat menggapai kebahagian lahir bathin dikehidupan dunia dan akan selamat dikehidupan akhirat kelak.

 

Simak dan renungkan beberapa Firman Allah berikut ini :

“Mereka berkata kepada kulit mereka: Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami? Kulit mereka menjawab: “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai pula berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepadaNya lah kamu dikembalikan”. “Kamu sekali-kali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu, bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan”. [Al-Fushshilat 21-22].

“Pada hari ketika lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. [An-Nuur 24].

 

Semoga kita semua akan diberikan kebahagian yang luar biasa oleh Allah SWT dikehidupan dunia ini serta mampu meraih kebahagiaan yang hakiki dikehidupan akhirat kelak. Aamiin Yaa Rabbal ‘alaamiin.

 

 

 

 

Pin It on Pinterest

Shares