Program kegiatan Ramadhan Santri berupa makan sahur dan berbuka puasa selama ramadhan baik santri yang mukim maupun tamu yang berdatangan selama bulan puasa dalam rangka meningkatkan ibadah mereka. Dana nilai ibadah mereka yang naik berlipat selama bulan puasa akan juga didapat oleh donatur yang menyumbang dalam program ini.. hal ini sesuai dengan hadish Nabi Muhammad SAW yang berbunyi

Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun dari pahalanya. “ (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi) 

 Lokasi Pelaksanaan Program

 

Hari/Tanggal : Selama bulan Ramadhan 1439H.

Tempat : Pesantren Miftahul Huda

   Jl. Bojong nangka Kp. Lebak nangka Rt.02/04

   Desa. Wanaraja Kec. Wanaraja Kab. Garut Jawa Barat.

 Maksud dan Tujuan

 

  • Meningkatkan rasa cinta kepada perjuangan Nabi Muhammad SAW dengan cara mengaplikasikan sunnah Rasul yang dicontohkan oleh beliau sebagai uswatun hasannah.
  • Selalu mengingat Allah SWT dan kehidupan akhirat dalam situasi dan kondisi apapun, juga mengingatkan kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan agama islam.
  • Mendayagunakan secara maksimal pelaksanaan, fungsi dan makna zakat kepada 8 (delapan) Asnaf, serta Infaq, Shadaqah dan Wakaf sesuai syaria’at islam. Untuk program selanjutnya akan mengadakan program tunjangan beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu dalam bidang pendidikan dan program sosial lainya.
  • Mempererat tali silaturahmi dan keharmonisan antara jama’ah dan masyarakat disekitar lingkungan Pesantren.

 

 

 Hasil Yang Diharapkan

 

  1. Terlaksana rencana program Santunan Santri ini dengan lancar.

 

  1. Memaksimalkan nilai ibadah santri selama bulan ramadhan baik siang hari maupun malam hari sehingga nilai pahala ibadah santri yang maksimal akan didapatkan juga oleh para donatur .

 

  1. Menumbuhkan kesadaran Muzakki untuk menyisihkan sebagian rejekinya untuk membantu santri yang beribadah sebulan penuh di Pesantren.

 

  1. Menjalin kerjasama yang erat antara santri – pesantren dan donatur.

 

 

 

 

 Susunan Pengelola Program

 

Pembina : Ajengan Muhammad Siddiq Al-Arief Tauzirie

Panitia Pelaksana :

  • Ketua : Agus Bahaji
  • Sekretaris : Muhammad Givarie
  • Bendahara : Lia Nurul Isya
  • Seksi sarana dan prasarana : M. sajidin
  • Seksi perlengkapan dan logistik : Mulky Sabilla
  • Seksi Dokumentasi : Fadillah Akbar & Mulky Sabilla
  • Seksi Humas : Fadillah Akbar

 

 

 Pengalaman Melaksanakan Program

 

Program kegiatan Makan Santri  ini sudah menjadi kegiatan rutin Pesantren selama 10 (Sepuluh) tahun untuk meningkatkan nilai ibadah para santri melalui bantuan masyarkat agar ibadah selama bulan Ramadhan bisa meningkat lebih baik dan donatur juga mendapat nilai ibadah yang lebih baik juga sebagaimana hadish nabi diatas. Dan ini dilakukan sejak berdirinya Pesantren ini..

 Evaluasi

 

Evaluasi program dilakukan dengan membandingkan antara perencanaan program (tujuan/sasaran program serta target program) dan pelaksanaan program dilapangan.

 Laporan

 Bentuk Laporan yang diberikan :

  • Laporan Kegiatan
  • Laporan Dokumentasi

Rencana Anggaran Biaya

 

ANGGARAN PROGRAM Santunan Ramadhan Santri adalah =

1.Makan Sahur : 100 orang x 30 hr x Rp. 15.000 = Rp. 45.000.000
2.Buka Puasa   : 100 orang x 30 hr x Rp. 15.000 = Rp. 45.000.000
 Rp.90,000,000

( Sembilan Puluh Juta Rupiah )

 

**DONASI MELALUI :

 

  • BANK BJB KPC. WANARAJA A/N YAYASAN AT-TAUZIRIYAH WANARAJA

NO REK : 00569-2690-9100

 

  • BANK BJB KPC. WANARAJA A/N PESANTREN MIFTAHUL HUDA

NO REK : 0060-70950-5100

 

  • BANK BCA CABANG WANARAJA A/N AJENGAN. MUH. SIDDIQ AL-ARIEF TAUZIRIE NO REK : 1480-322-68

 

 Sumber Dana

 

Sumber dana yang akan diprioritaskan Pesantren dan Yayasan dalam melakukan penggalangan dana tersebut berasal dari sumber internal dan eksternal :

  1. Sumber Internal: yaitu dengan menghimbau kepada seluruh jama’ah untuk ikut berpartisipasi baik berupa Materil (uang, benda yang dibutuhkan untuk kelancaran program kegiatan) Moril (tenaga, pemikiran dan bantuan lainya).
  2. Sumber Eksternal: yaitu kaum muslimin, para pengusaha, birokrasi dan intansi serta organisasi lainya yang dapat memberikan sebagian hartanya.

 

 Himbauan

 

Kepada seluruh masyarakat simpatisan, kami sebagai pengurus Pesantren dan Yayasan mengetuk hati sdr/i intansi pemerintah, kader dan organisasi lainya untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan rencana program Pesantren dan Yayasan tersebut.

 

Sebuah kesempatan dan ladang amal yang sangat berharga untuk bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat kurang mampu dengan membantu mereka dalam upaya peningkatan derajat kehidupan dengan memberikan kehidupan yang lebih layak.

 

Pin It on Pinterest