Program Jangka Menengah, pada tahun ketiga sampai tahun kelima, adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara:

 

  1. Menghidupkan kembali fungsi Badan Usaha atau Perusahaan-perusahaan Negara yang penting dan Kemiliteran strategis untuk mendukung kebutuhan operasional departemen, badan, instansi yang menjadi induk organisasinya. Negara harus memiliki industri-industri penting yang didukung penelitian yang baik. Tidak akan dibuat proyek yang membuka peluang manipulasi aparat atau anggota karena ada hubungan dan interest dengan pengusaha-pengusaha. Pihak swasta, perusahaan-perusahaan industri dan jasa hanya akan bertindak dan ditugasi (oleh pemerintah) sebagai pemasok saja. Pengerjaan pekerjaan fisik dan jasa harus dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah atau pegawai perusahaan negara yang dimaksud.

 

  1. Meningkatkan dan menata ulang struktur organisasi dan struktur sumber daya manusia badan-badan usaha dan perusahaan negara dengan langkah-langkah:

 

 

  • Menata ulang sumber daya manusia yang profesional dan jujur dengan melakukan identifikasi riwayat karir dan jabatan, riwayat hidup, dan riwayat kekayaan.

 

  • Menata ulang struktur organisasi dan manajemen perusahaan agar efisien.

 

  • Menjalin kerjasama antar negara dengan negara-negara Inggris, Eropa, Amerika, Negara Timur Tengah dan melakukan investasi di sektor industri yang aman, tidak merugikan negara.

 

  1. Turunkan laju impor kendaraan bermotor dan batasi produksi kendaraan bermotor dalam negeri. Hidupkan kembali moda transportasi umum darat, kereta api, dan perhubungan laut diseluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan daerah tersebut.

 

  1. Hidupkan kembali kegiatan agrikultur dengan mengatur sentra-sentra komoditi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan di tiap-tiap propinsi. Pengaturan tata niaga produk agrikultur pasca panen diatur oleh pemerintah hingga ke tingkat kecamatan. Aparat pemerintah terkait dengan kegiatan agrikultur yang dimaksud secara aktif akan melakukan bimbingan kepada masyarakat pelaku agrikultur.

Pin It on Pinterest

Shares